kena marah atasan..?



Teman-teman pernah kena marah gak..? atau bahkan sering…? Kalau saya pribadi hampir tiap hari kena marah, lho kok? Ya hampir tiap hari saya kena marah oleh istri di rumah. Marahnya tentu marah sayang pastinya. Kalau versinya istri saya “  ini mah bukan marah yah..tapi mengingatkan he he            ya  maksudnya mengingatkan untuk bangun pagi –pagi supaya tidak tertinggal sholat subuh atau mengingatakan agar cepat mandi sebelum waktu magrib datang dan lain sebagainya. Tapi giliran saya telat makan kok gak di marahin ya mah..??? apalagi kalau lagi kesyikan main sama ikan-ikan koki kesayangan saya, pasti suka di omelin..padahal ikan –ikan itu sudah saya anggap seperti  anak tiri saya sendiri he he he
                Tapi kalau di tanya apakah pernah kena marah dari atasan di tempat kerja ya..  relative. kalau kena tegur pasti pernah lah..kalau kena marah jangan sampai dah..sempet  kemaren  dapat nobel eh salah..surat peringatan maksudnya  he he ..stadium  III  lagi. Tapi itu biasa lah..resiko kerjaan kalau gak salah pasti ya bener . so, ambil hikmahnya aja. Kalau perkara di marah-marah sampai di maki-maki ya gak pernah lah..amit-amit jabang bayi..jangan sampai atasan begitu. Lha wong sama-sama kerja kok, sama-sama cari duit, sama-sama jadi kulinya tapi beda kalau yang marah-marah yang punya pabrik.. ya seenak udelnya dia aja.
                Belum lama ini rekan kerjanya si Temon sohib kental saya  yang bekerja di pabrik pembuatan TAHU kenamaan itu habis di panggil oleh atasan, katakanlah manager gitu. Awalnya sih gak tahu ada apa sampai sekelas manager manggil dia, tumben. .perasaan dah gak enak aja tuh. Dan pucuk di cinta ulam pun tiba..setelah menghadap dan di beri pertanyaan secara frontal, langsung deh rekan kerjanya si Temon itu di eksekusi. Eksekusinya massal lagi, maksudnya di depan khalayak ramai gitu lho. Prosesnya kayaknya  gak etis kalau saya ceritaken di sini , mirip-mirip adegan dalam film Rambo gitulah he he he..        ya intinya ada complain dari customer dan ada kelalaian dari department  tempat si Temon berada  sebagai pihak  yang bertanggung jawab untuk mengecek hasil akhir produk tsb yang menyebabkan adanya complain dari customer itu sendiri. Si Temon itu bekerja di department QC  yang di gadang-gadangkan sebagai tembok terakhir bagi semua produk yang akan di pasarkan,  palang pintu gitulah istilahnya, emang  rada lebay juga sih..
                Beruntung ada sedikit miss waktu itu, jadi bisa di katakan salah tangkap artinya bukan dia yang mengecek tapi malah dia yang di panggil. Akhirnya Setelah di panggil  “pelaku”  sebenarnya, yang tentunya jelas di damprat juga,  proses eksekusi tetap berjalan dengan lancar, selancar eksekusi lahan pemerintah yang di pakai bermukim oleh penduduk  di Jakarta sono,, bedanya kalau  di  Jakarta  eksekusinya berjalan ricuh karena pihak yang tereksekusi  bisa menggugat  dan melawan,  eksekusi  rekan-rekan kerjanya si Temon itu berjalan dengan cukup kooperative,  maksudnya tidak  ada perlawanan  dari pihak ter eksekusi,     “boro-boro pada mau ngebantah..jempol  kaki aja pada gemeteran ….” kata si Temon sambil nyengir kuda.
                Sebenarnya kalau di tilik dari akar masalahnya sih faktor kesalahan bukan hanya pada department  bagian si Temon bekerja  Sebagai pihak yang bertugas untuk mengecek. Yang jelas semua department yang mengurusi  hal itu pastilah ikut bertanggung jawab. Kalau untuk membela diri, kata si Temon pribadi sih bisa mengemukakan beberapa alibi seperti contah kecilnya saja itu kan masih produk baru atau bisa di bilang trial lah gitu, jadi persiapannya serba serabutan, dari awal produksi sampai finishing  saja belum ada instruksi  kerja yang valid kok, masih absurd semua dan dari material juga masih belum sempurna kelengkapannya pun juga dari  Temon  sendiri katanya belum ada training khusus tentang pengecekan produk itu. Tapi  ya itu versinya si Temon saja  sebagai operator,jelas beda dengan apa yang di lihat oleh orang-orang pintar di atas sono..ujar si Temon lagi dengan berapi-api.
                Jadi pada intinya  si Temon terutama rekan kerjanya  yang di eksekusi kemarin itu bisa menerima dengan lapang dada. Apapun itu adalah resiko pekerjaan, bahkan sempat rekan kerjanya si Temon  itu bilang bahwa dia  bersyukur  Alhamdulillah di sini masih ada orang yang mau negur saya, berarti masih ada yang mengingatkan,  ada yang perduli , ada yang tahu bahwa kita itu ada lho disini..dan pastinya atasan marah ke kita ya karena kita salah dan tujuannya agar kita tidak mengulangi  kesalahan yang sama, karena di sini kita tu belajar dari kesalahan.. bukan belajar dari training dan yang lain sebagainya..intinya  sih kembali lagi ke resiko pekerjaan, kerja itu ya  kalo gak bener pasti ya salah..bener kita dapet gaji tapi gak dapet bonus atau pujian...salah ya kita tetep dapet dapet gaji plus dapet bonusss…eksekusi secara  frontal..              
                Syukur Alhamdulillah perusahaan di mana saya bekerja khususnya di department saya berada sekarang ini para atasannya sangat baik dan ngemong dengan para  anak buah..tidak suka ngomel, tidak suka marah-marah, baik hati serta tidak sombong ..( saya sempet  berlinangan air mata waktu nulis kalimat ini..terharu soalnya )  dan semoga ini bisa  menjadi contoh bagi para penggede  yang ada di perusahaan TAHU tempat di mana sahabat kental saya Temon bekerja, sehingga Temon dan rekan-rekan kerjanya bisa  bekerja dengan baik dan juga nantinya berpengaruh ke kualitas produk TAHU yang mereka produksi. Bagaimanapun juga  karyawan atau pekerja itu adalah asset terbesar dari suatu perusahaan, jika karyawan nyaman bekerja dan  sejahtera toh pastinya hasil kerja mereka pasti akan memuaskan karena mereka bekerja dengan hati..hati yang bahagia tentunya seperti yang di gembar gemborkan  belakangan ini. Bekerjalah dengan hati..hati senang hasil kerja juga bagus..hati kesal hasil kerja juga tidak maksimal..

Wassalam..
Love, peace and friendship
Tony ,
               

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Karakter Adit Sopo Jarwo

ngeliweet yooo,,,