ngeliweet yooo,,,


         Ngeliwet,
awalnya saya tidak paham dengan arti kata tersebut. kalaupun akhirnya saya tau itu pun karena saya terlibat langsung dengan acara ngeliwet ini. ya, ngeliwet kalo saya artikan adalah acara makan yang dilakukan secara bersama-sama dengan saudara atau teman atau keluarga. bisa di bilang juga acara makan besar karena biasanya melibatkan orang banyak.
terus yang di makan apa?
        menu utama ya nasi itu sendiri, yang di sebut nasi liwet. kalo di kontrakan saya di daerah cileungsi bogor jawa barat dan saya rasa pasti hampir di daerah jawa barat lainnya ( tanah sunda ) , bisa di pastikan cara pembuatan nasi liwet nya hampir sama, yaitu memasak nasi yang di campur dengan bahan-bahan yang lain seperti : jantung pisang, ikan teri dan lain-lain.
tidak lupa tentunya dengan lalapan serta sambal yang pedas menambah cita rasa yang eksotis.


         saya sendiri sebagai ras jawa yang lahir di lampung sumatera awalnya tidak terbiasa dengan menu makanan ini, untuk rasa ya mungkin pasti agak berbeda tetapi yang khas adalah proses makannya yang di lakukan secara beramai-ramai dan nasi liwet itu sendiri di tempatkan di atas daun pisang.
         tradisi ngeliwet ini tentunya tidak hanya di lakukan oleh khususnya orang di jawa barat tetapi di daerah jawa lainnya juga pasti ada juga , cuma mungkin dari cara pembuatan maupun menu campuran dari nasi itu berbeda-beda. tapi mungkin yang khas ya yang dari jawa barat ini.
di kontrakan saya sendiri acara ngeliwet biasa di lakukan seminggu sekali, dengan jadwal tetap malam minggu walaupun bisa di lakukan hari lainnya juga, tergantung sikon juga kantong hehe,,,
         yang bisa saya ambil dari tradisi  ngeliwet ini salah satunya adalah bentuk kebersamaan yang tinggi, dari awalnya patungan uang untuk membeli keperluan masak sampai proses pembuatan nasi liwet itu sendiri, semua di lakukan secara bersama-sama..
salute untuk hal ini..
         saya yakin kalo acara ngeliwet seperti ini sampai sekarang masih sering di lakukan, Insya Alloh bisa menambah rasa persaudaraan dan melatif sifat toleransi kita. namun seiring perkembangan jaman sudah jarang sekali acara ngeliwet ini saya dapati, kalo pun ada itu biasanya di daerah-daerah tertentu atau pun hanya di acara tertentu saja, seperti contohnya di kontrakan saya ini hehehe..
        semakin banyaknya tempat makan yang ada dari yang resto besar sampai tenda di pinggir jalan juga mempengaruhi mulai berkurangnya tradisi ngeliwet ini, sekarang orang-orang lebih suka yang praktis; ada uang , pilih makanan, pesan dan bayar..
         mudah-mudahan tradisi ngeliwet ini tidak hilang dan masih terus di adakan, untuk menjalin silaturahmi dan mengajarkan kebersamaan,
semoga....
         salam,
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Karakter Adit Sopo Jarwo